Thursday, May 9, 2019

Seni ukir Vietnam disaksikan dari pameran seni ukir

  9nagaasia       Thursday, May 9, 2019
Pameran nasional ke-5 mengenai seni ukir step 2003-2013 yang barusan berjalan di Museum Hanoi ialah momen spesial buat kelompok seni rupa Vietnam. Pameran ini bukan sekedar adalah peluang untuk mengevaluasikan proses perubahan sepanjang 10 tahun seni ukir Vietnam, dan juga untuk mencatat sumbangan-sumbangan yang diberi oleh satu generasi pengukir baru yang memiliki kekreatifan serta tahu menggabungkan yang tradisionil dengan kekinian serta antara jati diri bangsa serta cenderung globalisasi.
Karya seni ukir peserta pameran seni ukir Vietnam 2013

Seni ukir Vietnam memiliki riwayat perubahan yang telah lama, namun, tiap periode bawa selar sendiri serta tetap mewarisi, memperluas tetapi tidak tutup diri. Pada pameran kesempatan ini, lebih dari 670 karya dari 350 pengukir sudah sukses menggambarkan beberapa dari muka seni ukir kontemporer Vietnam. Pada umumnya, seni ukir sudah dipertinggi baik dalam soal artistik ataupun tenaga pengukir. Terutamanya adalah banyak pengukir muda sudah memunculkan keterkejutan dengan karya-karya yang kreatif, contohnya, “Kisah pedesaan” dari Ku Cao Khai, “Ngunduh mantu dengan mobil desa” dari Pham Thai Binh, “Ketenteraman di pulau” dari Tran Viet Ha, “Asal-usul” dari Nguyen Van Chuoc dan sebagainya. Banyak karya sudah memunculkan kesan-kesan pada beberapa pemirsa saat menggambarkan kehidupan di perkotaan. Semua karya ukiran itu bukan sekedar memiliki nilai seni rupa, dan juga ikut bawa massa rakyat lebih dekat sama seni ukir. Pengukir Mai Thy Van, dosen Sekolah Tinggi Seni Rupa Vietnam memandang: “Pada latar integrasi internasional, seni ukir kontemporer Vietnam memiliki dampak tersendiri. Beberapa pengukir saat ini sudah memiliki banyak inspirasi yang berani, tetapi tidak hanya dampak di luar, “Sang Aku” dari mereka dalam karya besar sekali. Keanekaragaman karya-karya termanifestasikan oleh beberapa bahan yang dipakai saat ini, mereka tidak batasi diri dengan beberapa bahan seperti tanah, kayu, semen dan sebagainya seperti dahulu , tetapi mereka bisa mencari beberapa bahan lain untuk memanifestasikan idenya. Oleh karenanya, tidak hanya pertolongan dari beberapa bahan, mereka memanifestasikan kelonggaran ditambah juga dengan dampak di luar, karena itu begitu berkembang”.

Pada pameran ini ada karya-karya ikuti cenderung seni instalasi. Yang tipikal adalah karya-karya “Burung-burung” dari Thai Nhat Minh dengan bahan dari bambu serta kayu untuk menggambarkan burung-burung yang indah dalam kerangka pintu yang sempit, memanifestasikan keinginan terbang tinggi, yang diimpikan mengenai kebebasan serta perdamaian, memanifestasikan psikologi generasi saat ini. Diluar itu, pameran ini mengenalkan lukisan 3 D mengenai berjalan-jalan dengan panjangnya 50 mtr. dengan topik: “Manusia-manusia Vietnam”, salah satunya ada beberapa orang serta tokoh kelihatannya terlepas dari lukisan ke berjalan-jalan.
Adat serta kekinian ialah jiwa seni kontemporer, tehnik tradisionil berkombinasi dengan tehnik kekinian dalam karya-karya seni ukir memunculkan dampak pada pikiran banyak pelukis untuk melihat serta belajar pengalaman. Pengukir muda Nguyen Ngoc Tan memberitahu: “Zaman ini ialah jaman jumpa transisi kebudayaan. Saya berupaya belajar untuk bawa kebudayaan Vietnam jadi kebudayaan yangsekaligus punyai jati diri serta kuat”.

Dengan pandangan kekinian, beberapa pengukir muda saat ini sudah berupaya untuk membuat pergantian dalam manifestasi karyanya. Mereka hadir ke tempat untuk membuat karya-karya yang sesuai ruangan itu, memerhatikan beberapa pemirsa, itu keseriusan buat profesinya. Profesor muda, Doktor Nguyen Do Bao memandang: “Dewasa ini, generasi muda memiliki cenderung penciptaan yang begitu bebas, sebab dalam penciptaan, mereka tidak bergantung pada cost dari negara seperti dahulu . Mereka bebas membuat serta saat menghimpunnya, kita memiliki jumlahnya karya lewat cara memanifestasikan yang baru karena usaha integrasi”.
Dengan mewarisi seni ukir tradisionil Vietnam, seni ukir kontemporer Vietnam sedang dilanjutkan oleh generasi beberapa pengukir baru dengan perkembangan yang lebih jauh. Disaksikan jadi satu tonggak yang menandai pergantian dalam seni ukir, pameran kesempatan ini menunjukkan sudah ada barisan pengukir muda yang sedang ikuti beberapa pendahulu, berani mencari beberapa hal yang baru. Lewat pameran kesempatan ini dapat disaksikan jika seni ukir kontemporer Vietnam sedang selalu berkembang, tetapi masih sukses menjaga jiwa bangsa serta memanifestasikan beberapa hal yang kekinian dari dunia.
logoblog

Thanks for reading Seni ukir Vietnam disaksikan dari pameran seni ukir

Previous
« Prev Post